Rabu, 01 Oktober 2014

Budaya,Makanan, dan Ciri Khas

Budaya,Makanan, dan Ciri Khas Bandung never ending

Saya berasal dari sebuah kota yang di kenal dengan sebutan paris van java yaitu kota bandung yang berada di bagian barat pulau jawa tepatnya. mengenai bandung mungkin tidak akan ada habisnya cerita di sana baiklah di sini saya hanya akan menjelaskan hanya beberapa mengenai tentang budaya,makanan ataupun cirikhas dari bandung tersendiri.

1.Makanan

A. Surabi atau Serabi

 
 Makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung . Perbedaannya,surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya lebih tebal. Peralatan yang digunakan untuk membakar menggunakan alat sederhana, yaitu dibakar dengan menggunakan tungku diatas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Alat-alat sederhana inilah yang membuat rasanya masih terasa keasliannya.
Sebagai pelengkap, Anda dapat memilih toping untuk campurannya. Toping nangka, coklat keju, coklat, pisang, sosis atau duren. Anda dapat mencoba surabi toping oncom. Surabi yang terkenal dari kota Bandung adalah surabi yang berada di Jalan Setiabudi, dekat kampus NHI tepatnya arah jalan ke terminal leudeung.

B. Peuyeum

 
Salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh adalah peuyeum. Jika Anda belum familiar dengan apa itu peuyeum, mungkin makanan yang mirip dan lebih dikenal luas adalah tape. Yaitu singkong yang difermentasikan sehingga rasanya menjadi manis, asam dan beralkohol. Peuyem memang mirip dengan tape, perbedaannya peuyeum lebih kering karena cara pembuatannya sedikit berbeda. Dalam penyajiannya, Anda dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan variasi toping lainnya. Peuyeum yang dapat dicoba ketika berkuliner di Bandung ada di dekat terminal Leuwi Panjang. Beberapa toko kue terkenal di Bandung juga menyediakan variasi dari peuyeum seperti peuyeum molen dan lain sebagainya.

2.Budaya

 1. Pakaian Adat/Khas jawa Barat
Suku sunda mempunyai pakaian adat/tradisional yang sangat terkenal, yaitu kebaya. Kebaya merupakan pakaian khas Jawa Barat yang sangat terkenal, sehingga kini kebaya bukan hanya menjadi pakaian khas sunda saja tetapi sudah menjadi pakaian adat nasinal. Itu merupakan suatu bukti bahwa kebudayaan daerah merupakan bagian dari kebudayaan nasional.

2. Kesenian Khas Jawa Barat

a. Wayang Golek


 
Wayang Golek merupakan kesenian tradisional dari Jawa Barat yaitu kesenian yang menapilkan dan membawakan alur sebuah cerita yang bersejarah. Wayang Golek ini menampilkan golek yaitu semacam boneka yang terbuat dari kayu yang memerankan tokoh tertentu dalam cerita pawayangan serta dimainkan oleh seorang Dalang dan diiringi oleh nyanyian serta iringan musik tradisional Jawa Barat yang disebut dengan degung.

b. Jaipong


 
Jaipong merupakan tarian tradisional dari Jawa Barat, yang biasanya menampilkan penari dengan menggunakan pakaian khas Jawa Barat yang disebut kebaya, serta diiringi musik tradisional Jawa Bart yang disebut Musik Jaipong.
Jaipong ini biasanya dimainkan oleh satu orang atau sekelompok penari yang menarikan berakan – gerakan khas tari jaipong.


 g. Sisingaan

 
Sisingaan merupakan kesenian yang berasal dari daerah Subang Jawa barat. Kesenian ini ditampilkan dengan cara menggotong patung yang berbentuk seperti singa yang ditunggangi oleh anak kecil dan digotong oleh empat orang serta diiringi oleh tabuhan gendang dan terompet.






3. Cirikhas



1.Silih AsahSilih Asih dan Silih Asuh.

Ketiga filosofi tersebut merupakan filsafat hidup yang di pegang penduduk asli Jawa barat. Dan kebudayaan Jawa Barat lebih kita kenal sebagai Sunda yang ber ibukota di Bandung.
Maksud dan arti filosofi tersebut adalah menimbulkan sifat dan sikap untuk untuk saling mengasuh , saling mengasihi dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman antar sesama. Masyarakat Jawa Barat memiliki keluhuran akal budi yang di landasi oleh filsafat tersebut. Agak berbeda dengan kebudayaan masyarakat lain di Nusantara, Masyarakat jawa barat yang berbahasa sunda sangat dipengaruhi budaya yang berakar pada nilai-nilai yang berasal dari tradisi masyarakat setempat. Dan dalam interaksi sosial, masyarakat di di jawa barat menganut falsafah seperti yang sudah di sebutkan tadi.
Rasa persaudaraan menciptakan keakraban masyarakat Sunda dengan lingkungan sehingga tampak dari bagaimana masyarakat Jawa Barat, khususnya yang tinggal di pedesaan, mereka memelihara kelestarian lingkungan dengan cara penuh kerja sama dengan warga setempat. Sehingga di provinsi Jawa Barat ini banyak muncul masyarakat yang atas inisiatifnya sendiri dapat memelihara lingkungan alam mereka.

1 komentar:

  1. https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=541336119549157&id=536221276727308

    BalasHapus